6.10.09

Desainer adalah...


Selagi ngobrol ama temen di ujung jalan, eh ada Ibu tetangga sebelah rumah (disingkat dengan inisial ITSR). beliaunya nyapa gue:
ITSR : wahyuu...udah kelar ya kuliahnya??katanya udah kerja?dimana??
Gue: Ho'oh udah, sekarang kerja di advertising.
ITSR : Advertising apaan yu??jadi apanya?
Gue : Jadi desainernya.
ITSR : wahh..bisa bantuin ibu donk!!!hebat ya...
Gue: hah bantu ibu??(clingak clinguk)
ITSR : iiiyaa kan!!!..ntar KAMU YANG MENDESAIN, IBU KAMU YANG MENJAHIT.
Gue : ... (cakep dah!!lu kire gue Oscar Lawalata)

-------------------------------------------------

Pernah juga gue ngobrol ama kakek temen gue (disingkat dengan inisial KTG):
KTG : nganggur aje lu, sini bantuin gue!!!
Gue: Hah nganggur apaan??gue udah kerja kek...
KTG : oh udah kerja ya, emang kerja pa lu??masih kecil juga...
Gue : Hayah... desainer kek.
KTG : oh desainer yah, pasti dulunya diajarain gambar2 gitu ya...gambar teknik juga kan??lu pinter pake penggaris donk!!
Gue : (tumben-tumbenan nih ada orang tua ngerti dunia gue).... yey iya iya!!!penggaris mah selalu dipake kek.
KTG : kalo gitu, sini bantuin gue... lu bagian menggaris kotak, gue bagian yang bikin kata2nya. KITA BIKIN BISNIS TEKA-TEKI SILANG.
Gue : ??? (monyong lu, udah kayak desainer dan copywriternya dah)

-------------------------------------------------

Ada temen gue yang hobby banget ikutan Judi burung dara, gue sih manggil dia PILOT...hahaha!!!suatu ketika ketemu dan ngobrol:
Pilot : hei bro...kemenong aje lu?
Gue : eh pilot, gue kan kuliah di malang.
Pilot : loh katanya udah di Surabaya lagi, gue butuh partner nih.
Gue : iye baru 2 bulan,.partener apaan??jadi pilot kayak lu...ogah!!!lagian gue udh kerja.
Pilot : enggak-enggak gak jadi pilot kok, ni freelen dan janji deh gak ganggu kerja lu...emang lu kerja apa??
Gue : desainer.
Pilot : Ambooy PAS banget yak...sini-sini DESAININ GUE KANDANG BURUNG DARA GUE DONK!!!kita bikin BEKUPON yang mewah...gimana??
Gue : .....(potong nadi pake celurit - CRAKK!!)

-------------------------------------------------

Gue gak habis pikir, kenapa sih desainer gak bisa sepopuler profesi laen...misal kayak dokter, arsitektur, guru, dll. Termasuk kasus yang kayak gini, ngobrolnya ama Temen dari jurusan Manajemen (disingkat dengan inisial TDJM):
TDJM : wahyuuuuu....(manggil dari jauh, lari menuju gue)
Gue : eh lu...ape??
TDJM : butuh bantuan nih, lu anak DKV kan?pasti pake komputer yak??(ngos-ngosan)
Gue : bantuan apa, pinjem kompi?pake ajah...
TDJM : enggak...gini-gini, RAKITIN KOMPUTER GUE DONK, SEKALIAN BETULIN PRINTER GUE YANG BOCOR!!
Gue : Bocor Ndasmu!!!

-------------------------------------------------

Bahkan untuk seorang kepala sekolah kerabat temen gue (disingkat dengan KSKTG):
KSKTG : temen lu kerja dimana nak?
Temen Gue (TG) : dimana yu??
Gue : ehmm..di advertising Om, desainer desainer!!
KSKTG : Oh desainer...yang kayak gmn tuh kerjanya??
Gue : (mending nanya dulu kayak gini gpp)... designer itu orang yang bikin konsep sebuah pola komunikasi guna memperkenalkan sebuah produk -bisa barang, bisa jasa, bisa profil, terserah- kepada calon konsumennya trus diimplementasikan di media-media promosi Om. Biasanya kami akan memutar otak untuk mencipta visual sekaligus media promosi yang awareness biar konsumennya inget dan percaya ama produk jualannya klien kita Om.
KSKTG : wew...terus-terus!!
Gue : (Ahaaa bahasa positif nih)...nah sebelum bikin pola komunikasinya kita kuduobservasi dan analisa dulu gimana target market dan target audiencenya...gituuu!!!
KSKTG : hmmmph rumit ya??kuliahnya jurusan apa tuh?
Gue : DKV om!!
KSKTG : Oooo DKV!!..ya udah deh.
Gue : ya udah apaan Om?
KSKTG : ya udah deh ntar ANAK GUE GAK GUE BOLEHIN MASUK DKV, NTAR JADI KURUS KAYAK KAMU kebanyakan mikir rumit!!!
Gue : (mangap!!!)

-------------------------------------------------

Desperate gue,
ngobrol ama Adik temen yang 2taon (disingkat dengan inisial ATY2T):
ATY2T: Om bisa benelin popok gak?
Gue : gak bisa
ATY2T : emang keljanya apaan Om?
Gue : (ragu jawab)...ehmmm desainer.
ATY2T : pantesaaann...
Gue : pantesan ape??
ATY2T : pantesan gak bisa apa-apa, BETULIN POPOK AJA GAK PAHAM.
Gue : Gyaaaaaaaa......(hampir gue laporin sagmeister).

Tidak ada komentar: