7.4.11

Penitipan ala Polisi

hari minggu kemarin, saat sedang nyantai berkendara dan melewati belokan jatinegara (dibawah terminal busway).

JRENG... JRENG... secara mengejutkan muncul pak polisi yang langsung pasang badan memotong laju motor saya. agak kaget juga, kok tiba2 nongol dari tempat yang tersembunyi gitu (ah ya sudahlah, gak ada yg perlu dikhawatirkan toh semua kelengkapan saya bawa; SIM, STNK, safety helmet, KTP plus jaket dan slayer. (oh benar2 pengendara idaman polisi).

saya berhenti,
dan terjadilah dialog:
poli : selamat siang (sambil angkat tangan, tanda hormat)
saya : siang pak.

Poli : kenapa lampu-nya gak dinyalain, itu melanggar peraturan.
saya : astaghfirulloh... (dalam hati, ah satu point ini terlupakan)
poli : boleh saya cek SIM & STNK?
saya : oh silahkan pak. (buka dompet dan menyodorkan surat)

pak polisi berjalan menjauh dan langsung menulis satu dua helai surat, saya begitu tertegun. tak lama berselang saya menyusulnya, yang mana langsung ditawarin untuk sidang hari jumat di pulo gadung -on office hours-. saya masih terdiam, menyesali kesalahan saya.

poli : bisa datang gak?
saya : ehmmm... nantinya saya kena pasal dan bayar brp pak?
poli : (sambil menunjukkan berkas peraturan yg tertulis; pelanggaran lampu = 100 ribu). gimana? kalo kamu gak bisa, ya udah TITIPIN SAYA AJA, biar nanti saya bayarkan.
saya : -mangap & baru tau kalo polisi bs dititipin uang denda-


note : asyik juga ya polisi jaman sekarang, selain bisa dititipin, bisa lbh murah pula bayarnya. dari denda 100 ribu dia cuma meminta seadanya duit dalam dompetku, yang mana cuma 30 ribu...Oh polisi Indonesia memang berhati mulia.

*oh iya, saat saya menyodorkan uang 30 ribu-nya dia mengambilnya dengan cepat (tanpa ngeliat) dan sedikit kasar mengusirku "ya udah sana-sana...". ahh gpp, toh dia sudah menolongku dgn membayarkan ke kantor pusatnya. semoga sukses pak polisi.

2 komentar:

Prayogi Novaharja mengatakan...

weh, aq juga pernah kena gitu tapi tak-belani melok sidang eh cuma kena 30 rb.. wkwk

alfone mengatakan...

wahahaha..berbahagialah orang2 yang berhati mulia