15.10.09

Sang Juara Pinasthika 2009


Gak ada ulasan tentang Pinasthika kok,
Gue cuma nyediain sebuah file berisi list para Juara pinasthika 2009 dalam sebuah file word office (.docx), untuk download silahkan klik disini. Tentu saja gue gak bermaksud sok tau atas keberlangsungan pinasthika 2009 apalagi 'ndhisiki dan ngelancangi' panitia terkait, gue cuma ingin membagi ke semua temen2 yang butuh list ini dalam bentuk yang lebih gampang dan menyeluruh dalam sebuah file yang praktis dan mudah diperoleh (mengingat dalam kondisi tertentu, website resmi pinasthika 2009 terasa sulit diakses alias berat, terlebih harus keluar masuk list site untuk melihat keseluruhan sang juara, karena kan terbedakan page berdasarkan kategori lombanya)...semoga bermanfaat!!!

13.10.09

Catatan tentang kami

belum ku ketahui dengan rinci
tentang sebuah project besar untuk kami
orang-orang biasa menyebutnya "masa depan"

bahwa saat ini,
kami hanya membicarakan hal-hal kecil
tentang resep kue kering,
tentang pipi tembem anak kecil di seberang,
tentang capung di rerumputan,
tentang deru debu dan gemericik air sungai.

bahwa saat ini,
kami hanya bertukar kata tentang cara tersenyum
dia memulai dan aku membalas
dia bertanya dan segera ku jawab
dan begitu seterusnya hingga impas

bahwa saat ini,
kami hanya memandang langit sore dengan biasa
dia menggambar dengan warna ungu
sedangkan aku menyentuhkan warna kuning
dan dia mengingatkan untuk tak lupa menuliskan nama kami
di pojok kiri bawah kertas gambarnya, sebagai tanda karya bersama

bahwa saat melihat sebuah drama,
kami tidak duduk berdamping
tapi sudah cukup bagiku untuk memantau dan melihatnya meneteskan air mata ketika babak terlampau sedih, dan menyembunyikan sapu tangan basahnya ketika babak telah berakhir
dia hanya mengira bahwa kesedihan tidak untuk diriku
dan sebagai hadiah, kuberikan dia satu dua senyuman

belum ku ketahui dengan jelas
tentang sebuah rencana yang besar di masa depan
kami hanya menikmati masa ini dengan sebuah catatan ringan disana sini...

6.10.09

Difersifikasi Pangan Lokal* & Branding (oleh2 dari Bakpia Telo)



Liburan (lebaran) kemarin gue ama temen2 'ngaso sejenak' di kota apel Batu. Pulangnya, kami mampir di Pusat Jajanan Bakpia Telo sekedar sholat Ashar & membeli sedikit oleh-oleh. Gue yang baru pertama masuk di tempat ini clingak-clinguk liat produk-produknya yang hampir semuanya berbahan dasar telo (ketela ungu itu lho!!!)...ok ok gue absen ya, -seinget gue nih- ada bakpao telo itu sendiri, ada kripik telo (udah banyak mah), ada bakpia telo (nah lho?!), ada brownies kukus telo (gyaaaaaa...), ada pizza telo (ampuuun dah), ada ice cream telo (ok gue ulang 'ICE CREAM TELO'), dan kayaknya masih ada yang terlewatkan, pokoknya banyak deh.

Ada 2 hal yang mbulet di otak gue,
1st, bakpao telo ini sebenernya bisa jadi contoh riil bagi pemerintah untuk semakin giat menggalakkan diversifikasi pangan lokal di tengah produksi padi Nasional yang enggak menentu. Tapi apa itu 'diversifikasi pangan lokal'??kira-kira kayak gini, diversifikasi pangan lokal adalah pemberdayaan jenis pangan lokal lain (gak hanya beras) untuk konsumsi keseharaian masyarakat kita sebagai solusi atas keterbatasan stok beras Nasional. Misal nih ya: kita berdayakan kembali konsumsi nasi jagung, sagu, singkong, ketela, dll. Jadi kita gak perlu repot-repot 'beli' beras dari negeri seberang (apalagi ampe tukerin pesawat ama beras..yey), toh dulu-dulu bokap nyokap kita juga makan begonoan. Dan eits...jangan salah sangka dulu, makanan tradisional kita ntu juga memenuhi syarat gizi kok. Tinggal gimana pemerintah memprogram dan menyosialisasikan ulang untuk konsumsi kita.

2nd, hasil clingak-clinguk gue menyebutkan (hehe...) bahwa sebenernya bakpia telo dengan segala tetek bengek didalemnya udah paham ama branding imej atas dirinya (terlepas dari bener/salah ato baik/buruk lho). Liat aja tuh konsistensi pemakaian warna korporatnya. Setidaknya bisa gue jumpai di media promonya (semua-muanya pada ungu), kotak ato packagingnya, taplak mejanya, dan sign system (dari billboardnye ampe toilet). Mungkin mereka ngarep branding kayak gini 'jajanan ungu dari Malang apa hayooo??bakpia telo dooong' (huahahaha...mungkin lho ya). Sebenernya citra si Bakpia Telo akan semakin sakti mandraguna jika logo-nya itu dibuat agak seriusan dikit, jangan asal tempel font gitu (bukan jelek, hanya kurang bagus..hehe!!), trus nyiptain tagline yang nendang, dan konsistensi di ciri khas yang lebih luas (gak hanya di warna corporat doank). but overall bakpia telo emang bisa banget jadi contoh diversifikasi pangan lokal yang kreatip dan marketable...wew!!

---------------------------------------------------------------

* diversifikasi pangan lokal adl salah satu solusi yang ditawarkan dalam sebuah karya tulis tentang kesejahteraan Indonesia yang dibikin oleh Heri (Perumusnya), Andi (Perumus juga), dan wahyu (tukang pijet perumus), yang dikirim mewakili Univ. Negeri Malang di LKTI Nasional 2008 Mataram (masuk juara harapan T.T).
** Suwun atas pinjeman kameranya msRudi.

Desainer adalah...


Selagi ngobrol ama temen di ujung jalan, eh ada Ibu tetangga sebelah rumah (disingkat dengan inisial ITSR). beliaunya nyapa gue:
ITSR : wahyuu...udah kelar ya kuliahnya??katanya udah kerja?dimana??
Gue: Ho'oh udah, sekarang kerja di advertising.
ITSR : Advertising apaan yu??jadi apanya?
Gue : Jadi desainernya.
ITSR : wahh..bisa bantuin ibu donk!!!hebat ya...
Gue: hah bantu ibu??(clingak clinguk)
ITSR : iiiyaa kan!!!..ntar KAMU YANG MENDESAIN, IBU KAMU YANG MENJAHIT.
Gue : ... (cakep dah!!lu kire gue Oscar Lawalata)

-------------------------------------------------

Pernah juga gue ngobrol ama kakek temen gue (disingkat dengan inisial KTG):
KTG : nganggur aje lu, sini bantuin gue!!!
Gue: Hah nganggur apaan??gue udah kerja kek...
KTG : oh udah kerja ya, emang kerja pa lu??masih kecil juga...
Gue : Hayah... desainer kek.
KTG : oh desainer yah, pasti dulunya diajarain gambar2 gitu ya...gambar teknik juga kan??lu pinter pake penggaris donk!!
Gue : (tumben-tumbenan nih ada orang tua ngerti dunia gue).... yey iya iya!!!penggaris mah selalu dipake kek.
KTG : kalo gitu, sini bantuin gue... lu bagian menggaris kotak, gue bagian yang bikin kata2nya. KITA BIKIN BISNIS TEKA-TEKI SILANG.
Gue : ??? (monyong lu, udah kayak desainer dan copywriternya dah)

-------------------------------------------------

Ada temen gue yang hobby banget ikutan Judi burung dara, gue sih manggil dia PILOT...hahaha!!!suatu ketika ketemu dan ngobrol:
Pilot : hei bro...kemenong aje lu?
Gue : eh pilot, gue kan kuliah di malang.
Pilot : loh katanya udah di Surabaya lagi, gue butuh partner nih.
Gue : iye baru 2 bulan,.partener apaan??jadi pilot kayak lu...ogah!!!lagian gue udh kerja.
Pilot : enggak-enggak gak jadi pilot kok, ni freelen dan janji deh gak ganggu kerja lu...emang lu kerja apa??
Gue : desainer.
Pilot : Ambooy PAS banget yak...sini-sini DESAININ GUE KANDANG BURUNG DARA GUE DONK!!!kita bikin BEKUPON yang mewah...gimana??
Gue : .....(potong nadi pake celurit - CRAKK!!)

-------------------------------------------------

Gue gak habis pikir, kenapa sih desainer gak bisa sepopuler profesi laen...misal kayak dokter, arsitektur, guru, dll. Termasuk kasus yang kayak gini, ngobrolnya ama Temen dari jurusan Manajemen (disingkat dengan inisial TDJM):
TDJM : wahyuuuuu....(manggil dari jauh, lari menuju gue)
Gue : eh lu...ape??
TDJM : butuh bantuan nih, lu anak DKV kan?pasti pake komputer yak??(ngos-ngosan)
Gue : bantuan apa, pinjem kompi?pake ajah...
TDJM : enggak...gini-gini, RAKITIN KOMPUTER GUE DONK, SEKALIAN BETULIN PRINTER GUE YANG BOCOR!!
Gue : Bocor Ndasmu!!!

-------------------------------------------------

Bahkan untuk seorang kepala sekolah kerabat temen gue (disingkat dengan KSKTG):
KSKTG : temen lu kerja dimana nak?
Temen Gue (TG) : dimana yu??
Gue : ehmm..di advertising Om, desainer desainer!!
KSKTG : Oh desainer...yang kayak gmn tuh kerjanya??
Gue : (mending nanya dulu kayak gini gpp)... designer itu orang yang bikin konsep sebuah pola komunikasi guna memperkenalkan sebuah produk -bisa barang, bisa jasa, bisa profil, terserah- kepada calon konsumennya trus diimplementasikan di media-media promosi Om. Biasanya kami akan memutar otak untuk mencipta visual sekaligus media promosi yang awareness biar konsumennya inget dan percaya ama produk jualannya klien kita Om.
KSKTG : wew...terus-terus!!
Gue : (Ahaaa bahasa positif nih)...nah sebelum bikin pola komunikasinya kita kuduobservasi dan analisa dulu gimana target market dan target audiencenya...gituuu!!!
KSKTG : hmmmph rumit ya??kuliahnya jurusan apa tuh?
Gue : DKV om!!
KSKTG : Oooo DKV!!..ya udah deh.
Gue : ya udah apaan Om?
KSKTG : ya udah deh ntar ANAK GUE GAK GUE BOLEHIN MASUK DKV, NTAR JADI KURUS KAYAK KAMU kebanyakan mikir rumit!!!
Gue : (mangap!!!)

-------------------------------------------------

Desperate gue,
ngobrol ama Adik temen yang 2taon (disingkat dengan inisial ATY2T):
ATY2T: Om bisa benelin popok gak?
Gue : gak bisa
ATY2T : emang keljanya apaan Om?
Gue : (ragu jawab)...ehmmm desainer.
ATY2T : pantesaaann...
Gue : pantesan ape??
ATY2T : pantesan gak bisa apa-apa, BETULIN POPOK AJA GAK PAHAM.
Gue : Gyaaaaaaaa......(hampir gue laporin sagmeister).

Tribute to WS. Rendra & Mbah Surip